Friday 30 March 2018

Keuntungan membeli Reksa dana

Secara umum membeli Reksa Dana jauh lebih terjangkau dari pada berinvestasi dalam sebagian besar saham-saham Bluechip, Reksa Dana dibuat oleh Manajer Investasi disesuaikan dengan tujuan investasi  dan tingkat toleransi resiko setiap investor dimana secara professional Manajer Investasi bertanggung jawab penuh atas pengelolaan Reksa Dana yang di terbitkan, dan kinerja Reksa Dana akan terlihat dari kenaikan Nilai Aktiva Bersih  (NAB) yang berarti Reksa Dana tersebut telah menghasilkan keuntungan.

Apa itu Reksa Dana ?

Reksa dana adalah Unit Penyertaan yang di terbitkan oleh perusahaan investasi yang mengumpulkan dana kolektif dari investor dan menginvestasikan / mengelola dana tersebut dalam instrumen portofolio seperti saham, obligasi, dan pasar uang.

Anda dapat memilih untuk membeli Reksa Dana yang  berfokus pada investasi saham (Equity Fund), Obligasi (Fix Income Fund), Campuran Obligasi dan Saham (Balance Fund) dan Pasar Uang (Money Market Fund). Setiap Unit Penyertaan Reksa Dana yang anda miliki memberikan anda hak untuk sebagian dari Aset Reksa Dana tersebut.

Reksa Dana adalah Aset yang sangat likuid, Anda dapat membeli dan menjual Reksa Dana kapan saja. membeli dan menjual Reksa Dana sama mudahnya dengan melakukan pembelian dan penjualan saham. Anda dapat merealisasikan (menjual kembali) investasi Reksa Dana anda dengan cepat dan atas kebijaksanaan Anda sendiri.

 

Manfaat Diversifikasi

Salah satu manfaat terbesar dari Reksa Dana adalah bahwa Reksa Dana memungkinkan seorang investor untuk melakukan diversifikasi investasi dengan sedikit dana yang dimiliki. Jika Anda menginvestasikan semua uang Anda dalam satu saham, ada risiko kerugian yang besar menimpa Anda jika kinerja perusahaan tersebut turun. Namun jika Anda berinvestasi dalam berbagai saham di berbagai sektor industri, Anda akan mengurangi risiko investasi, karena peluang semua perusahaan untuk gagal (berkinerja buruk) secara bersamaan sangatlah tipis atau kecil.

Dibutuhkan banyak penelitian (Riset), waktu dan usaha untuk menciptakan portofolio yang terdiversifikasi dengan baik ketika Anda berinvestasi di pasar saham. Jika Anda berinvestasi dalam Reksa Dana, semua hal tersebut telah dilakukan oleh Manajer Investasi. Prospektus dan dokumen Alokasi Aset (Fund Fact Sheet) yang diterbitkan Manajer Investasi memberi tahu Anda apa yang diinvestasikan dan bagaimana dana tersebut dikelola secara historis. Daripada meneliti puluhan saham berbeda secara individual, Anda dapat mencari Reksa Dana yang memenuhi tujuan investasi dan sesuai dengan tingkat toleransi resiko Anda.

Manfaat Menyesuaikan Resiko Investasi

Manfaat lain dari Reksa Dana adalah kemampuan Manajer Investasi untuk menyesuaikan kendaraan investasi yang memenuhi tujuan investor dan tingkat toleransi risiko investor yang berbeda.

Membuat portofolio yang disesuaikan dengan baik yang memenuhi kebutuhan spesifik Anda ketika Anda berinvestasi langsung dalam saham membutuhkan pemahaman yang komprehensif tentang Siklus Pasar, Makro Ekonomi, Fundamental dan Teknikal Analisis. Tanpa pemahaman yang kuat tentang hal tersebut, berinvestasi dalam saham secara individu sering kali hanya memberikan sedikit perkiraan atau informasi.

Ada empat jenis Reksa Dana secara umum, yaitu Reksa Dana Saham (Equity Fund), Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fix Income Fund), Reksa Dana Berimbang/Campuran (Balance Fund), dan Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund). Setiap perusahaan investasi  cenderung menawarkan berbagai Reksa Dana (Mutual Fund) dari berbagai kategori, sehingga mudah untuk memilih Reksa Dana yang mencerminkan gaya investasi dan profil risiko Anda.

Misalnya, jika tujuan utama Anda adalah pertumbuhan Kekayaan pilihlah Reksa Dana saham (Equity Fund), mereka biasanya berisiko tinggi dan bernilai tinggi. Jika Anda ingin mempertahankan modal dan Anda akan menerima pengembalian relatif rendah sebagai imbalan atas tingkat keamanan maksimum, pilihlah Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund).

Jika pelestarian modal adalah tujuan utama dan penciptaan pendapatan rutin adalah tujuan sekunder Anda, Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fix Income Fund) berinvestasi pada instrumen obligasi yang menyediakan pembayaran bunga secara periodik yang dijamin dan menawarkan tingkat keamanan yang tinggi.

Jika Anda ingin beberapa tingkat keamanan investasi tanpa sepenuhnya mengabaikan kemungkinan mendapatkan keuntungan lebih besar, Reksa Dana Berimbang (Balance Fund) mencakup investasi Saham dan Obligasi dalam berbagai Rasio untuk mengakomodasi kebutuhan yang berbeda.  Saat Reksa Dana overweight di Aset saham umumnya berisiko tetapi membawa potensi keuntungan yang lebih besar, sementara saat Reksa Dana Overweight di Aset obligasi akan memberikan risiko lebih rendah dengan pertumbuhan yang lebih stabil dan lebih aman.

Selamat berinvestasi !!

 


 

Widiarto Wibowo
Fund Services Team
PT. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

 


Mohon Tunggu Sedang Memuat Halaman...