Wednesday 28 February 2018

Jangan Takut Investasi di Tahun Politik

Politik memang bikin heboh. Panggung sepakbola Piala Presiden pun digiring jadi “panggung politik”. Dari total 14 partai peserta pemilu; 4 partai baru lolos verifikasi sementara 2 partai lama tidak lolos. Panggung politik ke depan, makin ramai makin seru. Gimana gak? Tahun 2018 adalah tahun politik. Pasalnya, ada 171 daerah yang akan menggelar Pilkada serentak di bulan Juni 2018 nanti plus bersiap Pilpres suntuk tahun 2019. Tapi di saat yang sama, politik pun mempunyai risiko. Risiko yang paling jelas adalah terjadinya “ketidakpastian”. Sehingga menyebabkan meningkatnya biaya, berkurangnya pendapatan di berbagai sektor ekonomi, hingga money politic. Keadaan menjadi semakin tidak pasti, bila stabilitas politik terganggu.

Sejalan dengan dinamika politik di Indonesia, risiko keuangan dan risiko investasi juga bisa “menghantui” setiap individu atau investor. Potensi risiko, tentu, akan selalu ada pada setiap orang. Uang di tabungan yang tadinya tergolong cukup, tiba-tiba “ludes” akibat adanya biaya tak terduga yang harus dikeluarkan untuk urusan keluarga. Begitu pula investasi di properti atau rumah pun mengandung risiko. Karena susahnya menjual kembali properti atau rumah pada saat dananya diperlukan.

Bagaimana dengan investasi di saham? Memang benar, ada istilah investasi di saham katanya high risk high return. Tapi nyatanya, imbal hasil atau return-nya yang diperoleh lebih kecil dari deposito sekalipun. Jika ini terjadi, maka di situlah risiko investasi di saham.

Seperti politik, investasi di mana pun pasti ada risikonya. Bahkan setiap produk investasi pasti memiliki potensi risiko. Masalahnya, mampu atau tidak, kita mengendalikan risiko atau menata ulang risiko yang mungkin terjadi. Maka prinsip dalam investasi adalah pengendalian. Semakin kita mampu mengendalikan investasi. Maka potensi risiko pun semakin berkurang.

 

Lalu, investasi apa yang bisa dilakukan di tahun politik?

Tidak perlu khawatir. Banyak alternatif investasi yang bisa dilakukan. Sesuai dengan pilihan dan profil risiko yang Anda miliki. Salah satunya adalah reksadana. Melalui reksadana, Anda dapat menempatkan dana kedalam instrumen investasi yang tersedia di market, baik berupa saham, obligasi, pasar uang atau lainnya. Tentu, dengan bantuan pengelolaan dari manajer investasi profesional yang Anda pilih.

Reksadana, belakangan ini menjadi produk investasi yang berkembang pesat.Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham. Oleh karena itu, reksadana patut menjadi pilihan investasi yang dapat memastikan tujuan keuangan Anda.

 

Maka seiring dinamika politik yang terjadi. Nyali untuk membuat keputusan investasi yang cerdas tidak mungkin ditunda lagi. Jangan takut investasi di tahun politik. Karena risiko ketidakpastian keuangan Anda akan lebih besar akibat terlambat investasi.

 

Ciptadana Asset Management (CAM) merupakan salah satu manajer investasi profesional di Indonesia dengan reputasi lebih dari 27 tahun. Untuk memastikan target investasi dan tujuan keuangan Anda, CAM menawarkan beragam reksadana yang kompetitif dan terjangkau seperti: Rencana Cerdas, Cipta Syariah Equity (Saham), Cipta Syariah Balance, Cipta Dinamika (Campuran), Cipta Bond (Pendapatan Tetap), dan Cipta Dana Cash (Pasar Uang). Saat berani membuat keputusan investasi yang tepat, CAM selalu siap mendampingi Anda.

 

#CIPTAinvestasi

#ReksadanaCAM

 

Penulis: SyarifYunus/CAM


Mohon Tunggu Sedang Memuat Halaman...