Tuesday 10 April 2018

Investasi Berbasis Goal

Ada beberapa cara untuk mendekati tujuan investasi. Secara tradisional, investor fokus untuk menghasilkan tingkat pengembalian tertinggi atau mengalahkan pasar yang berdasarkan dengan profil risiko dan time-frame masing-masing. Pendekatan yang relatif baru terhadap pengelolaan kekayaan adalah investasi berbasis tujuan atau goal. Pendekatan ini menekankan investasi dengan tujuan mencapai tujuan hidup yang spesifik seperti membeli rumah, menabung untuk pendidikan anak Anda, atau membangun sarang telur untuk masa pension. Seperti diantaranya:

  • Menetapkan goal akan membuat Anda lebih mudah untuk mengenali diri Anda sendiri dan pada akhirnya Anda dapat membuat alokasi penyimpanan dana yang optimal dan mencapai setiap target.
  • Anda akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan karena Anda bisa mengukur perkembangan investasinya.
  • Anda dapat mempertimbangkan time-frame dan tingkat risiko secara terpisah untuk setiap tujuan dan menginvestasikannya sesuai dengan itu.
  • Jangan lupa untuk melirik produk reksa dana HPAM Ultima Ekuitas 1 bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memantau langsung investasi Anda!

Tetapkan Goal dan Objektif dari Investasi Anda

Langkah pertama dalam investasi yang sukses adalah menentukan tujuan yang terukur dan dapat dicapai. Bertanyalah pada diri sendiri, "Mengapa saya ingin berinvestasi?" Ada banyak tujuan. Jadi, pikirkan apa yang Anda harapkan untuk dilakukan secara finansial. Apakah Anda berinvestasi untuk:

  • Persiapan pendanaan pada masa pensiun
  • Membeli rumah yang di dedikasikan untuk liburan di daerah dengan destinasi turis yang utama
  • Melakukan donasi untuk amal
  • Membuka usaha baru
  • Warisan untuk generasi selanjutnya
  • Urusan Pernikahan
  • Membeli rumah baru termasuk dalam pembayaran Down Payment (DP) nya
  • Menyekolahkan atau mengirim anak untuk kuliah di luar negeri
  • Berlibur ke negara lain atau keliling dunia

Setelah Anda menemukan finansial goal Anda, pilihlah prioritas dari hal mana yang Anda ingin dapatkan dalam jangka waktu yang pendek (Short-Term Goals), menengah (Mid-Term Goals) dan panjang (Long-Term Goals). Komunikasikanlah dengan pasangan Anda agar Anda lebih mendapatkan motivasi.

Setelah itu, cobalah untuk melakukan valuasi masing-masing goal Anda dengan memberikan nilai dengan mata uang Rupiah. Misal Anda ingin mempersiapkan diri untuk menikah, tulislah budget Anda seberapa besar untuk menikah (katakana lah dibutuhkan dana sejumlah IDR 200,000,000). Dengan sudah memperkirakan jumlahnya, Anda jadi tahu dengan cara bagaimana Anda dapat menabung dan berinvestasi agar tercapai jumlah yang dimaksud.

PT. Henan Putihrai Asset Management (HPAM) menjadi salah satu tempat tujuan setelah Anda merancang goal. Sebagai Manajer Investasi (MI), PT. Henan Putihrai  Asset Management (HPAM)  memiliki produk unggulan yang mampu menangkis inflasi selama Anda menginvestasikan dana, sekaligus dalam 1 produk sudah mengakomodasi beberapa tipe instrument investasi sehingga risiko terdiversifikasi.

Salah satu contoh produk unggulan yang bisa menjadi pilihan dari PT. Henan Putihrai Asset Management (HPAM) adalah reksa dana HPAM Ultima Ekuitas 1. Reksa dana ini sejak peluncurannya pada Juli 2009 hingga 31 Januari 2018 ini telah meraih return sebesar 189.69%. Ayo mulai lah berinvestasi dengan HPAM Ultima Ekuitas 1.

Penulis : Kevin-Business Development Divison
Oleh: PT HP Asset Management (HPAM)

 


Mohon Tunggu Sedang Memuat Halaman...